Berbicara Di Depan Publik

Berbicara di depan publik bisa menjadi hal yang menyenangkan bagi sebagian orang, apalagi yang telah terbiasa dengan kegiatan organisasi, komunitas dan sebagainya. Namun, hal ini bisa menjadi sangat menakutkan bagi orang yang tidak terbiasa tampil dan dalam keadaan tertentu diharuskan untuk berbicara di depan umum.

Reaksi Si Pemula Saat Harus Tampil di Depan Publik

Reaksi rasa takut seketika menyergap dan membuat Anda kehilangan kendali. Saat sebelum Anda ke depan untuk berbicara di depan publik, rasa panik bisa muncul dengan sangat mudah. Tubuh Anda yang belum siap akan menunjukkan tanda-tanda awal dari reaksi panik akibat tekanan karena harus tampil. Detak jantung menjadi semakin cepat, telapak tangan mulai berkeringat, bahkan kepala akan terasa pusing dan kedua kaki pun ikut bergetar.

Itulah kondisi di mana rasa takut yang akan membuat penampilan Anda bermasalah. Pentingnya belajar memperlambat reaksi dan mengembalikan kontrol saat Anda tinggal beberapa menit lagi berada di wilayah lepas landas. Sementara waktu di menit-menit terakhir merupakan waktu yang sangat penting.

Tips Mengatasi Reaksi Rasa Takut Berbicara di Depan Publik

1. Menguasai panggung

Manfaatkan waktu yang tersisa untuk berlatih. Pilih tempat yang tenang, dan bebas gangguan dari orang lalu lalang. Anggaplah Anda sedang bersiap-siap untuk bicara di hadapan sekelompok pendengar, dan usahakan menciptakan kondisi yang mirirp dengan situasi yang sesungguhnya.
Visualisasikan di mana Anda akan berdiri dan mulai berbicara. tarik napas perlahan dan rasakan Anda begitu rileks dalam menikmati kesempatan emas tersebut.

2. Duduk

Setiap orang punya cara duduk berbeda, cara-cara yang seringkali menunjukkan kepribadian mereka. Sadari pengaruh berat tubuh Anda terhadap kursi. Duduklah dengan posisi tegak dan seimbang. Lemaskan otot-otot perut dan rasakan saat tubuh Anda turun ke satu arah. Setelah posisi duduk Anda sudah seimbang, konsentrasi dengan menjaga perhatian agar tetap fokus ke depan.

3. Berdiri

Belajar memperlambat reaksi dan menahan diri secara fisik akan membantu Anda melawan rasa kehilangan kendali, sekaligus mengalahkan rasa panik yang muncul. Saat Anda berdiri di tempat, sebelum berjalan pastikan Anda bisa merasakan posisi tubuh seimbang. Majulah perlahan satu langkah dimulai dengan kaki kanan, lalu ikuti dengan kaki kiri. Rahasia pengendalian diri adalah terletak pada gerakan lambat Anda maju menuju podium.

4. Menghadap pendengar

Untuk bisa memantapkan tubuh dan emosi, nikmati rasa ketidaknyamanan fisik dan emosi dalam hitungan detik. Kenali dan pahami sensasi khusus yang benar-benar terasa di kepala Anda. Kondisi tersebut dapat menyelaraskan pikiran dan tubuh. Hal ini, akan menyatu dan menciptakan kondisi batin yang akan memperdalam konsentrasi. Sehingga, Anda bisa mengendalikan reaksi tubuh dengan cara yang lebih baik.

5. Kontak mata

Satu elemen penting dalam komunikasi adalah adanya kontak mata. Ketika mulai berbicara di depan publik, arahkan mata untuk menatap pendengar secara umum ke segala arah, jangan lebih tinggi dan jangan terlalu rendah dari kepala Anda. Ketika berbicara, sekali-kali gerakan kepala perlahan ke kiri atau ke kanan, sehinggan Anda bisa mengamati seluruh ruangan.

Kelima poin di atas bisa dilatih dalam waktu singkat. Oke, selamat berlatih mengendalikan reaksi rasa takut, ya! Latihan dalam sebuah kelas atau kelompok dengan bimbingan seorang coach seperti kelas Bisa Bicara di Depan Umum akan sangat membantu mengatasi masalah ketakutan Anda tampil di depan publik.